Kunjungan Kerja Tim Koordinasi Kunjungan Orang Asing (TK KORA) Kementerian Luar Negeri R.I.

Kunjungan Kerja Tim Koordinasi Kunjungan Orang Asing (TK KORA) Kementerian Luar Negeri pada hari Selasa tanggal 04 Oktober 2016 pukul 10.00 Wita bertempat di Aula Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar.

I. KEGIATAN 

A. Pemaparan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar 

  1. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar mengucapkan terima kasih atas kedatangan Tim Koordinasi Kunjungan Orang Asing (TK KORA) di Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar dan merasa terhormat ditunjuk sebagai  tuan rumah acara Rapat Koordinasi Tim TK KORA.
  2. Pemutaran Video Profil Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar yang bertujuan untuk menunjukkan Tugas dan Fungsi Keimigrasian yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar.
  3. Sesuai dengan salah satu Program Nawacita Pemerintah yaitu Menghadirkan Negara dalam Masyarakat, Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar mengimplementasikannya melalui pembentukan Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) di seluruh Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar, yakni di :
    - Kodya Denpasar
    - Kabupaten Badung (minus Kecamatan Kuta)
    - Kabupaten Tabanan
    - Kabupaten Gianyar
    - Kabupaten Bangli dan
    - Kabupaten Klungkung
  4. Keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) di Bidang Pengawasan Orang Asing yang dimiliki oleh Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar disiasati dengan melakukan koordinasi/rapat dengan Unsur terkait secara rutin, sehingga pertukaran informasi khususnya mengenai keberadaan dan kegiatan Orang asing secara berkesinambungan.

B. Pemaparan Ketua Rombongan Tim TK KORA

  1. Sambutan dari Ketua Rombongan Tim Koordinasi Kunjungan Orang Asing (TK KORA) Kementerian Luar Negeri R.I.
  2. Maksud dan tujuan kunjungan ini adalah untuk melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Bali dan Instansi terkait yang terkait dengan Pengawasan Orang Asing dan penanganannya.

C. Tanya Jawab

  1. Indrayana dari BAIS
    Dengan berlakunya Undang-Undang No. 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, kewenangan pengawasan terhadap Orang Asing sepenuhnya dilakukan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi. Mohon dijelaskan langkah apa yang seharusnya diambil oleh Kepolisian?
    Memang dengan berlakunya Undang-undang tersebut, kewenangan terhadap Pengawasan Orang Asing sepenuhnya menjadi tugas Imigrasi. Namun Unsur Kepolisian dan Unsur/Instansi lainnya tetap dilibatkan dalam pelaksanaannya. Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan TIMPORA dimana Anggotanya terdiri dari Unsur/Instansi terkait pengawasan Orang Asing termasuk Instansi Kepolisian.

  2. Mulia dari KESBANGPOL
    Dengan semakin meningkatnya kunjungan Orang Asing ke Bali, tidak hanya berpengaruh Positif terhadap pertumbuhan Ekonomi Masyarakat namun juga membawa dampak negative diantaranya banyaknya terjadi penyalahgunaan izin Keimigrasian yang dilakukan oleh Orang Asing. Tolong dijelaskan langkah-langkah yang diambil oleh Imigrasi sebagai leading sector dalam Pengawasan Orang Asing?

    Langkah-langkah yang diambil oleh Imigrasi adalah;
    Mengupayakan dan mengedepankan koordinasi dan sinergitas dengan Unsur/Instansi terkait Pengawasan Orang Asing melalui menggelar Rapat TimPORA secara rutin di tiap Wilayah.
    Mengupayakan dan mengedepankan koordinasi dan sinergitas dengan Unsur/Instansi terkait Pengawasan Orang Asing melalui menggelar Rapat TimPORA secara rutin di tiap Wilayah.

D. Penutup

Rapat Koordinasi ditutup dengan ucapan terima kasih kepada seluruh Peserta, kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah dan foto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *