Operasi Serentak Penegakan Hukum Keimigrasian ( GERTAK GAKKUM ) Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar

Sebagai tindak lanjut Surat Direktur Jenderal Imigrasi Nomor: IMI-UM.01.01-3506 Tanggal 13 Oktober 2016 perihal Pencanangan Gerakan Serentak Empati Layanan Paspor dan Penegakan Hukum Keimigrasian di Kantor Imigrasi di seluruh Indonesia. Pelaksanaan Kegiatan Operasi Serentak Penegakan Hukum Keimigrasian (GERTAK GAKKUM) Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar tanggal 27 Oktober 2016 dengan penjelasan sebagai berikut:

  1. Berdasarkan Surat Perintah Khusus Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar Nomor W20.EB-GR.02.01-4.0508 Tanggal 26 Oktober 2016 di lokasi Jalan Mertasari Gang Bamboo 2 No. 24 Sidakarya Denpasar, Tim Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian mengamankan 1 (satu) Orang Asing berkewarganegaraan Tiongkok atas nama MA QIANG pemegang Izin Tinggal Kunjungan (indeks Visa B211) yang diduga kuat menyalahgunakan izin tinggal Keimigrasian berupa kegiatan sebagai Fotografer Prawedding.
  2. Di lokasi Jalan Taman Sari 3 No. 4 Kerobokan Kuta Badung ditemukan 1 (satu) Orang Asing berkewarganegaraan Perancis atas nama ERIC JEAN ANDRE BONHOME. Yang bersangkutan pemegang Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) dengan sponsor Istri WNI atas nama KHURROTUN AINIYAH yang belakangan diketahui sudah resmi bercerai sejak tanggal 23 Juni 2015 berdasarkan surat cerai nomor 0067/AC/2015/PAxxxxx) Bdg. Saat diamankan petugas Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian yang bersangkutan diduga kuat melakukan kegiatan sebagai supplier bahan makanan di beberapa hotel dan restoran di wilayah Sidakarya Denpasar.
  3. Selanjutnya, di lokasi L’Orange Villa yang beralamat di Banjar Cucukan, Desa Medahan Gianyar, ditemukan 1 (satu) orang Warga Negara Romania atas nama DUMITRU IULIAN OLARU pemegang Izin Tinggal Kunjungan (indeks Visa B211) yang diduga menyalahgunakan izin tinggal Keimigrasiannya berupa kegiatan sebagai staf Marketing L’Orange Villa

Berkenaan dengan hal tersebut di atas, untuk pemeriksaan lebih lanjut saat ini terhadap ketiga Warga Negara Asing dimaksud ditempatkan di Ruang Detensi Imigrasi pada Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar guna pengumpulan bahan dan keterangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *