HARI BHAKTI IMIGRASI KE-67

JAYA IMIGRASIKU
KAMI PASTI….
Tanggal 26 Januari merupakan hari yang bersejarah untuk Imigrasi, dimana tanggal tersebut adalah hari yang ditetapkan sebagai Hari Bhakti Imigrasi. Tahun 2017 Direktorat Jenderal Imigrasi dan jajarannya memperingati Hari Bhakti Imigrasi ke-67 dengan tema Imigrasi e-Gov PASTI Nyata. Peringatan Hari Bhakti Imigrasi di Provinsi Bali dikoordinir oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali.
Dalam rangka peringatan Hari Bhakti Imigrasi Tahun ini, telah dilaksanakan beberapa rangkaian kegiatan olahraga, sosial dan puncaknya adalah dilaksanakannya Upacara Peringatan Hari Bhakti Imigrasi. Kegiatan pertama yang dilakukan adalah Donor Darah pada hari Kamis, Tanggal 19 Januari 2017 bertempat di Aula Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar. Kegiatan Donor darah ini dapat berjalan sukses atas kerja sama Panitia Peringatan Hari Bhakti Imigrasi Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali dengan Unit Transfusi darah Palang Merah Indonesia Provinsi Bali dan partisipasi seluruh pegawai yang menjadi donor. Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, Bapak Ida Bagus K. Adnyana Kepala beserta Dharma Wanita Persatuan Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar yang siap untuk donor. Kemudian dilanjutkan Kegiatan Jalan Santai Hari Jumat, Tanggal 20 Januari 2017 Pukul 06.30 bertempat di Halaman Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar. Walaupun gerimis, tetapi tidak menghilangkan semangat dari semua civitas jajaran di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali ini Jalan Santai tetap dilanjutkan. Dan yang paling ditunggu yaitu pembagian Doorprize yang diberikan oleh Bapak Ida Bagus Adnyana beserta Ibu kepada Pegawai yang mendapat Nomor undian.

     Kegiatan Bhakti Sosial di Panti Asuhan “Ikang Papa” di Kabupaten Gianyar pada tanggal 23 Januari 2017 yang dihadiri oleh Kakanim Denpasar, Kabid Inteldakim Kanwil Kemenkumham Bali, Kabid Lalintuskim Kanwil Kemenkumham Bali, Ibu Ketua dan Anggota Dharma Wanita Persatuan Kantor Wilayah Kemenkumham Bali serta karyawan dan karyawati dari Kanim Kelas I Denpasar, Kanim Kelas I Khusus Ngurah Rai, Rudenim dan Rutan Gianyar. Pemberian santunan dan bingkisan diberikan oleh Ibu Ketua Dwp Kanwil Kemenkumham Bali dan Kakanim Denpasar kepada 35 (tiga puluh lima) disebilitas tuli dan bisu tetapi mempunyai keahlian menari dan menabuh gamelan.

Upacara peringatan hari Bhakti Imigrasi ke-67 secara nasional diselenggarakan serentak Tanggal 26 Januari 2017. Namun demikian, mengingat pada Tanggal 26 Januari 2017 bertepatan dengan hari Raya Siwaratri bagi Umat Hindu, maka Upacara peringatan Hari Bahkti Imigrasi di jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali dilaksanakan pada Hari Senin, 30 Januari 2017 bertempat di lapangan upacara Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar. Inspektur Upacara Hari Bhakti Imigrasi ini yaitu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali. Dalam upacara hari Bhakti Imigrasi ini diperdengarkan Narasi Kilas Balik Imigrasi dimulai dari masa sebelum kemerdekaan masa Hindia Belanda sampai dengan saat ini. Kakanwil Kemenkumham Bali menyampaikan Sambutan dari Menteri Hukum dan HAM RI yaitu Apresiasi diberikan Menteri Hukum dan HAM kepada Jajaran Imigrasi yang telah mewujudkan e-Government dan Reformasi Hukum dalam hal pelayanan dokumen keimigrasian antara lain Pendaftaran permohonan paspor on line, Pendaftaran permohonan perpanjangan izin tinggal on line, layanan persetujuan visa on line, pelaporan orang asing on line, penerbitan izin tinggal terbatas berbentuk surat elektronik, aplikasi laporan harian intelijen, e-sidik, dan e-cekal. Bapak Ida Bagus Adnyana juga mengingatkan kepada seluruh pegawai yang berada di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali agar melayani masyarakat dengan baik dan professional tanpa ada praktek pungutan liar (pungli) dan hindari penggunaan narkoba.

     Dalam Peringatan Hari Bhakti imigrasi ke-67 ini, Kakanwil Kemenkumham Bali menyampaikan penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM RI kepada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Ngurah Rai atas capaian Penegakan Hukum Keimigrasian TPI Udara di Bidang Penolakan Masuk dan Pencegahan Keluar Wilayah Indonesia terbanyak ke-II Tahun 2016 dan atas capaian Penegakan Hukum Keimigrasian di Bidang Deportasi terbanyak ke-III Tahun 2016.
Sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Upacara Hari Bhakti Imigrasi ditutup dengan pemotongan Tumpeng oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali didampingi oleh para Kepala Divisi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, Kakanim Kelas I Khusus Ngurah Rai, Kakanim Kelas I Denpasar, Kakanim Kelas II Singaraja dan Kepala Rumah Detensi Imigrasi Denpasar.

       

                                       

                                       

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *