Pengarahan Direktur Jenderal Imigrasi Kepada CPNS Tahun 2017

Jumat, 09 Maret 2018 bertempat di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, Direktur Jenderal Imigrasi, Ronny F. Sompie memberikan pengarahan kepada CPNS 2017 bidang Keimigrasian di lingkungan Kanwil Kemenkumham Bali yang bertajuk “Penguatan Tugas dan Fungsi Bidang Keimigrasian.” Lawatan tersebut merupakan agenda lanjutan selepas kunjungan Menkumham Yasonna H. Laoly pada tanggal 24 Februari 2018 di Auditorium Widya Sabha Universitas Udayana.

Mantan Kapolda Bali tersebut menyampaikan kepada para CPNS bahwa kita perlu memperkuat border protection dan border security. Masing-masing instansi terkait diharapkan dapat saling bersinergi dengan tidak mengedepankan ego sektoral yang tidak bermanfaat bagi negara. Beliau mencontohkan keberhasilan penggabungan imigrasi dan bea cukai di beberapa negara, yang mana di negara kita masih berdiri sendiri-sendiri.

Selanjutnya, beliau meminta para CPNS untuk selalu mengimplementasikan fungsi keimigrasian, yaitu Pelayanan Keimigrasian, Penegakan Hukum, Keamanan Negara, dan Fasilitator Pembangunan Kesejahteraan Rakyat. Serta menerapkan nilai-nilai Profesional, Prosedural, Proporsional, Proaktif, Progresif, Produktif, dan Proyeksi.
Di akhir pengarahannya, beliau berpesan bahwa CPNS 2017 adalah masa depan Imigrasi. Untuk itu, mereka dituntut untuk berpikir out of the box serta inovatif dalam rangka memajukan bangsa dan negara khususnya di bidang Imigrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *