WNA China yang Terlibat Tindak Pidana Cyber Fraud International, Hari ini Dideportasi ke Negara Asalnya

Waka Polda Bali Brigjen Pol. Drs I Wayan Sunartha memimpin pelaksanaan Press Conference pemulangan dan penyerahan WNA China yang terlibat tindak pidana Cyber Fraud International ke negara asalnya, Bertempat di Bandara Ngurah Rai Denpasar. Rabu, 6/6.

Brigjen Pol. Drs I Wayan Sunartha menyampaikan pada pelaksanaan Press Conference keberhasilan Unit Cyber Crime Dit Reskrimsus Polda Bali bersama satgas CTOC Polda Bali menangkap 105 orang asing berkewarganegaraan China diantaranya 94 orang laki-laki dan 11 orang perempuan dalam kasus tindak pidana Cyber Fraud International.

WNA China berjumlah 105 orang ditangkap di tiga lokasi yang berbeda dimana TKP yang pertama di Jalan Perumahan Mutiara Abianbase No. 1 Mengwi, Badung. Di TKP pertama petugas berhasil mengamankan sebanyak 43 orang WNA China dengan rincian 7 perempuan dan 36 laki-laki.

TKP ke dua di Jalan Bedahulu XI Nomor 39 Denpasar dan petugas berhasil mengamankan sebanyak 30 orang WNA China dengan rincian 3 perempuan dan 27 laki-laki. kemudian di TKP yang ke tiga bertempat di Jalan Gatsu I Nomor 9 Denpasar petugas kembali berhasil mengamankan sebanyak 32 orang WNA China dengan rincian 1 perempuan dan 31 laki-laki.

Selain berhasil mengamankan 105 WNA China petugas juga berhasil mengamankan barang bukti berupa Telephone, Laptop, Paspor, Handphone, Router, Printer, HUB yang digunakan dalam melakukan tindak pidana Cyber Fraud.

Waka Polda Bali juga menambahkan sebelumnya Unit Cyber Crime Dit Reskrimsus Polda Bali bersama satgas CTOC Polda Bali sudah melakukan joint investigation dengan Kepolisian China untuk mengungkap semua jaringan ini dan untuk melakukan proses penegakan hukum selanjutnya, sampai proses deportasi yang dilaksanakan hari ini. “Polda Bali juga berkoordinasi dengan pihak imigrasi.” Ucap Bintang satu dipundak ini.

WNA China berjumlah 105 orang yang ditangkap oleh Unit Cyber Crime Dit Reskrimsus Polda Bali bersama satgas CTOC Polda Bali dalam kasus tindak pidana Cyber Fraud dijemput menggunakan pesawat khusus oleh Kepolisian China dan diberangkat pada Pukul 12.20 Wita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *